Thursday, 17 September 2015

Belajar Ngeblog Di Wordpress Self Hosted

Selamat malam sahabat Kopi Tanpa Gula

Yeeee, akhirnya bisa eksis lagi diblog sederhana ini, setelah kemarin hanya bisa blogwalking dan sibuk belajar CMS Wordpress.

Diantara sahabat 'Kopi Tanpa Gula' pasti pernah denger atau baca artikel tentang kelebihan wordpress self hosted. Dan ternyata benar adanya, bahwa wordpress lebih gampang dan mudah dipelajari. Dalam hal ini, khususnya untuk theme atau template. Saya sendiri merasakan betapa mudahnya mengganti theme pada wordpress, soalnya tinggal klik 'theme' yang mau dipilih sudah langsung terpasang. Dan hal ini sangat berbeda jauh dengan blogspot, kalau blogspot harus mengextract dulu dan juga sedikit mengedit lagi untuk tampilan Navigasi Menu. Tentunya hal ini bukan masalah bagi sahabat yang sudah paham dan mengerti. Namun apa jadinya kalau Nandira Aluna Kusuma yang ngedit :-)

Jadi serasa pengen juga ngeblog pakai platform CMS Wordpress alias wordpress self hosted. Walaupun masih kikuk dan belum terbiasa, tapi fitur-fiturnya yang super komplit itu lohh yang bikin jatuh hati. Bukannya ingin membandingkan, tapi hanya ingin berbagi sedikit cerita tentang pengalaman kemarin.

Oya, di Wordpress Self Hosted ini ada yang namanya plugin. Untuk plugin-nya sendiri, saya belum begitu memahami. Tapi hasil dari percobaan klik sana sini, ternyata, plugin memiliki multifungsi. Artinya, kita bisa menambahkan apa saja untuk mendongkrak performa blog agar lebih seo dan tampilan lebih eyecatching.

Berhubung masih dalam tahap belajar dan proses memahami, sekiranya hanya ini dulu yang dapat saya bagikan.
Oya hampir lupa, jangan lupa mampir juga ya ke Blog Berbagi

4 comments:

  1. bisa berbagai pengalaman di Wp nantinya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas wong, ini lagi belajar pakai blog punya temen :)

      Delete
  2. Nanti saya ajarin dech kalo saya dah paham juga...

    ReplyDelete

Apalah Arti Coretan Ini Tanpa Komentar Anda