Monday, 2 November 2015

Tata Cara Beretika Dan Sopan Santun

Belajar adalah metode atau cara untuk menambah ilmu atau wawasan. Dan itu semua bisa kita dapat ketika sekolah dulu. Namun, tahukah bahwa belajar tidak harus disekolah. Tapi, belajar bisa dari mana saja. Entah itu dari lingkungan sekitar ataupun dari pengalaman pribadi atau teman. Belajar yang saya maksud disini adalah tentang etika atau sopan santun.

Oya, sebelum bikin artikel ini, sebenernya saya ingin ngebahas tentang wordpress versi 4.4 yang masih dalam tahap beta. Nggak tahu kenapa tiba-tiba saya teringat cerita teman yang waktu itu lagi main ke mall. Temanku menceritakan, bahwa waktu di Mall ada kejadian yang membuat dirinya ekstra sabar. Hal itu dikarenakan, ada orang meminta izin untuk lewat tapi dengan cara kasar yakni berteriak-teriak dan juga memaki-maki. Dan dari cerita itulah timbul ide dan saya ingin membahas tentang itu.

Walaupun saya sadari bahwa pemahaman saya sedikit sekali tentang itu, yaitu tata cara beretika dan sopan santun. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa belajar bisa darimana saja. Maka, disini, saya juga akan menjelaskan versi pengalaman pribadi.

Diatas sudah saya ceritakan bahwa ada orang meminta izin numpang lewat tapi dengan cara teriak-teriak dan juga memaki. Ketika kita meminta izin hendaknya juga memperhatikan tata cara beretika. Jadi, untuk hal ini sebisa mungkin ketika kita meminta izin dengan cara yang halus dan sopan misalnya dengan mengucapkan 'permisi mas/mbak'. Beretika baik bukan hanya ketika minta izin lewat saja, tapi juga untuk dalam segala hal.

Semoga dengan sedikit cerita ini bisa menginspirasi untuk lebih baik lagi dalam tata cara beretikan dan sopan santun, khususnya saya pribadi.

No comments:

Post a Comment

Apalah Arti Coretan Ini Tanpa Komentar Anda