Monday, 9 November 2015

Perbedaan Wordpress.com Dan Wordpress.org

Dalam dunia blogging, saya ini hanyalah anak kemarin sore yang baru belajar dan belum paham apa-apa. Untuk urusan yang sepele saja saya masih suka tanya-tanya ke yang senior. Lha kogk kemarin malah ada yang inbox saya dan meminta solusi terkait blog yang dia kelola.

Untuk menjawab pertanyaan tadi, akhirnya saya malah kepikiran juga, kenapa nggak dibikin postingan saja ya. Sebenarnya saya sendiri juga kurang yakin, secara, saya sendiri juga baru sekitar setahun lebih dikit mengenal platform wordpress.

Sebenarnya ini bukan kali pertama saya dapat pertanyaan seperti itu. Bagi pemula, mungkin wordpress terlihat sedikit berbeda dibanding dengan platform yang lain. Awalnya saya juga begitu soalnya fitur yang tertanam didalam dashboard begitu banyak. Tapi, meskipun begitu, tetap saja masih ada yang bingung atau belum mengerti. Dan disini saya akan coba menjelaskan sesuai pengetahuan dan pengalaman saya.

Tapi sebelum itu, kita harus mengenal apa itu wordpress. WordPress adalah salah satu aplikasi Content Management System (CMS) website yang sudah sangat populer di kalangan pengguna internet. Walaupun sudah terkenal akan SEO nya, ternyata masih saja ada yang belum tahu bahwa WordPress ada dua macam yaitu wordpress.com dan wordpress.org
Untuk versi wp.com kita bisa mendaftar di WordPress.com, sedangkan untuk versi wp.org atau yang biasa disebut wordpress self-hosted bisa kita dapatkan dengan mengunduhnya dari wordpress.org.

Bagi saya pribadi, saya merasa tidak ada bedanya bila dilihat dari cara penggunaannya. Entah itu mulai dari cara posting, membuat halaman statis / page, pengaturan, upload atau juga yang lainnya. Sedangkan untuk tampilan layout halaman admin, halaman muka, struktur CMS nya, bahasa pemrogaman, pun juga sama.

Lalu, apakah bedanya?
Antara wp.com dan wp.org yang membedakan pada penempatan hostingnya saja. Tentunya hal itu juga cukup mempengaruhi keleluasaan kita dalam mengelola wordpress kita.
Jika kita menggunakan wp.com, maka hostingnya juga mengikuti wp.com, dimana domain kita juga masih ada embel-embel wordpress.com nya. Disamping itu kita juga tidak punya kontrol penuh atas blog kita. Dan itu artinya kita tidak bisa menggunakan plugin, upload themes dan hanya bisa menggunakan fitur bawaan.

Kalau untuk wp.org atau wordpress self-hosted, kita harus punya hosting sendiri dan domain juga bisa menggunakan domain TLD atau nama domain yang kita inginkan sendiri dan tidak ada lagi embel-embel wordpress.com dibelakangnya. Dengan menggunakan wp.org kita bisa lebih leluasa mengelola blog kita sendiri dan bebas melakukan berbagai kustomisasi seperti themes, plugin.

Perbedaan wordpress.com dan wordpress.org sebenarnya tidak hanya sebatas yang saya sebutkan diatas tapi masih banyak. Mungkin dilain kesempatan akan saya coba bahas kalau masih ingat :)

26 comments:

  1. wp.com gratis, wp.org berbayar karna self hosted :)

    ReplyDelete
  2. Ko ngerasani wp.com
    Apa ingin berpindah dari ....dotcom

    Hehe

    Tapi jika domainnya bayar
    Aku rasa lebih gebyar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya ngerasani mbak :)

      tapi hanya sekedar menjawab pertanyaan teman tapi lewat postingan. jadi, kalau ada yang bertanya lagi tinggal kasih link ini. kan lumayan pageview tambah dikit :)

      Delete
    2. Ia betul juga
      Berbagi ilmu tidak ada salahnya

      Delete
  3. salah satunya memang hosting, soal fitur juga banyak saya tunggu aja deh post selanjutnya, hahahha

    ReplyDelete
  4. Izin nyimak mas, soalnya saya masih awam sama wordpress ini.

    ReplyDelete
  5. salam perkenalan ..

    smartiesmoo.blogspot.kr

    ReplyDelete
  6. salam perkenalan ..

    smartiesmoo.blogspot.kr

    ReplyDelete
  7. Lah saya malah masig gak mudeng kalau pakai WP. Sdh bikin akun WP tapi magkrak *parah*

    ReplyDelete
  8. okeh.. paham sikit2 sebab tak berapa paham bahasa Indonesia.. mungkin kena guna khidmat Mr Google.. ^_^

    ReplyDelete
  9. makasih infonya bro
    salam kenal dari saya

    ReplyDelete
  10. saya mah baru ngeh kalau ternyata ada perbedaan antara wp.com dengan wp.org, saya kirain sama saja, ternyata berbeda ya kang, tuh udah dijelasin diatas perbedaannya.
    akang pinter deh ih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelas pinter atuh kang.
      kan belajarnya sama si akang waktu itu.
      masa kang hadi lupa atuh :)

      Delete
  11. salam singgah...terima kasih sudi singgah di blog JM

    ReplyDelete
  12. Saya pakai blogspot je. Tak pernah pakai wordpress. :)

    ReplyDelete
  13. saya masih harus banyak belajar kalau tentang WP. Kayaknya blogspot aja deh :D

    ReplyDelete
  14. wahahah saya g begitu merhatikan kalo ada dua mas.soalnya saya pakenya blogspot.
    baru tau malah saya mas kalo ada dua. mencoba buat d wp ga merhatika itu org atau com.

    ReplyDelete
  15. Aku gak pernah pake wp. Bingung. Mending di blogspot deh. :D

    BTW, kok gak kamu kasih follow blog sih?

    ReplyDelete

Apalah Arti Coretan Ini Tanpa Komentar Anda