Mengenal Lebih Dekat Tentang Tumblr

Kebutuhan akan internet kian hari makin beragam macamnya dan tentu saja ini semakin memanjakan para konsumen. Bukan saja hanya aplikasi game tapi aplikasi untuk kebutuhan penunjang blog kian beragam yang tersedia di google playstore. Selain platform yang sudah tidak asing ditelinga kita semacam wordpress, blogspot, tapi ada juga platform tumblr.

Bagi pengguna blog aktif tentunya sudah banyak yang tahu, bahwa Tumblr bukanlah blog atau jenis platform baru dan ini bisa kita lihat dari penjelasan wikipedia yaitu 'TUMBLR' didirikan tahun 2007 oleh Mr. David Karp.

Saya sendiri menggunakan platform tumblr karena merasa penasaran atas ucapan Mbak Dewi pemilik blog Catatan Dewi yang menyuruh saya untuk merasakan sensasi ngeblog bersama tumblr. Dan hal itu baru bisa saya realisasikan sekitar 01/12/2014 karena emang pas hari itu Mbak Dewi menyuruh saya :)

Walaupun saya tidak secara konsisten terhadap blog yang di tumblr. Tapi saya melihat ada sedikit perbandingan pada tumblr dengan yang lain yaitu kesederhanaan tampilan. Tapi meskipun begitu, jangan pernah anggap sepele, karena di tumblr kita bisa memposting berbagai jenis posting diantaranya :
teks
video
audio
foto
link
quote
Dan mungkin ini yang paling menarik bagiku yaitu adanya fitur 'CHAT'.

Menurut saya pribadi, tumblr ini juga memeliki persamaan yang sama dengan blog lainnya seperti blogspot atau wordpress yaitu dalam hal sign up dan posting.

Yang tak kalah menarik dari tumblr adalah kita juga dapat melakukan re-blog. Untuk pengguna wordpres mungkin sudah nggak asing karena wordpress juga menyediakan fitur ini. Kalau untuk blogspot saya nggak tahu soalnya belum pernah coba. Re-blog sendiri artinya mendiskusikan postingan dari blog orang lain.

Diantara masing-masing blog pasti ada kekurangan dan kelebihan. Hal ini nampaknya juga berlaku untuk tumblr. Pasalnya, ketika kita menulis pada bagian artikel dan kemudian ingin menyisipkan foto ke dalam artikel tersebut maka, kita harus menyertakan link URL dari foto yang ingin kita masukkan ke dalam artikel. Disamping itu juga, ikut disertai dengan dimensi dari foto yang akan dimasukkan ke dalam artikel.

Untuk pemula seperti saya, tentunya ini cukup repot karena untuk kontrol link harus dilakukan secara manual dan ditambah lagi tidak adanya page khusus untuk mengontrol link yang telah diposting ke dalam tumblr untuk di diskusikan.

Bagi sahabat blogger yang sering mampir ke tumblr pastinya sudah tidak kaget dengan tampilan polosnya.
Yupz, bener banget.
Tumblr memang kelihatan polos karena memang tidak memiliki kolom komentar.

Namun, jika anda berniat membuat blog ditumblr, nggak perlu khawatir karena anda bisa menyiasati dengan menggunakan fitur yang disediakan oleh Disquss.

Itulah sedikit ulasan tentang tumblr dari sekedar yang tahu dan semoga bermanfaat.
Mengenal Lebih Dekat Tentang Tumblr Mengenal Lebih Dekat Tentang Tumblr Reviewed by kang jum on November 10, 2015 Rating: 5

7 comments:

  1. jadi sdikit tehu tntang tumblr...secara slama ini nngkrongnya di bloger atau d warung kopi...hehe...salam damai di malam yang penuh hujan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertamax ny diangkut dulu pake bolduzerr

      Delete
    2. silahkan diangkut pak :)
      tapi kopinya jangan yaa :)

      Delete
  2. ooh gitu toh, jadi sedikit tahu tumblr sekarang

    ReplyDelete
  3. tapi sayang ya tumblr kurang pupuler di Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas, meskipun nggak sepopuler wp sama blogpot tapi pengguna tumblr banyak juga kogk :)

      Delete

Apalah Arti Coretan Ini Tanpa Komentar Anda

Powered by Blogger.